Copy Paste Blog

Cara Fix VB 6 Error: Object library not registered

Cara Fix VB 6 Error: Object library not registered


Referensi :  stackoverflow

Hai sob, ketemu lagi dengan tulisan saya haha.. Kebetulan saya baru menginstall VB 6 lagi setelah sekian lama, Saat saya membuka project file lama saya ada notice error "Object library not found". Berhubung masalah saya sudah terpecahkan saya akan membagi pengalaman saya tentang bagaimana cara memberbaiki / cara fix error VB 6: "Object library not registered". Oke langsung saja disimak langkah-langkahnya :D


Buka CMD


Buka CMD kalian menggunakan "Run as Administrator" Mode, Caranya klik start > ketik "cmd" Klik kanan > klik "Run as Administrator"


Ketikkan Perintahnya


Ketikkan "cd C:\Windows\System32" tanpa tanda kutip, lalu enter.



Ketikkan "regsvr32 mscomctl.ocx" tanpa tanda kutip, lalu enter.



Akan ada notif tanda file ocx telah teregistrasi, klik ok.



Ketikkan "regtlib msdatsrc.tlb" tanpa tanda kutip lalu enter, jika berhasil akan ada notif, klik ok. Jika gagal lihat langkah dibawah.



Jika langkah diatas gagal, kita akan meregistrasikan "msdatsrc.tlb" secara manual dengan cara:
  • Buka My Computer > C:\ > Windows > Microsoft.NET > Framework atau dengan cara pastekan "C:\Windows\Microsoft.NET\Framework" ke kolom link bar. Kemudian masuk ke folder Framework versi terbaru yang telah terinstall di komputer kalian, di komputer saya ialah v4.0.30319, jadi saya masuk ke folder v4.0.30319. Cari file bernama "regtlibv12.exe" klik saja, lalu
  • Buka My Computer > C:\ > Windows > System32 atau dengan cara pastekan "C:\Windows\System32" ke kolom link bar. Kemudian cari file bernama "msdatsrc.tlb", kemudian drag "msdatsrc.tlb" ke "regtlibv12.exe" yang ada di folder framework versi kalian tadi. Jangjett!, selesai :D coba di buka kembali VB 6-nya, sudah bisa kan? apabila masih error silahkan komentar dibawah ya, nanti kita cari jalan keluarnya sama-sama.


Untuk kamu yang versi windowsnya 64bit, perintahnya diganti seperti dibawah ini:

  • cd C:\Windows\SysWOW64
  • regsvr32 mscomctl.ocx
  • regtlib msdatsrc.tlb



Gimana? mudahkan? hihi. Sekian dari saya, Jika ada kata-kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan

Jangan lupa klik iklan dibawah ini ya:) Dengan mengklik iklan sama dengan anda merespect artikel saya, jangan lupa juga share artikel ini yaa, Terima kasih :D